SEJARAH BERDIRI
Pada bulan Oktober 1998 LPIT Bina Insani di bawah Yayasan Bina Insani Kediri mengirimkan beberapa utusannya untuk mengikuti pelatihan tentang pendirian dan pengelolaan Taman Asuh Anak Terpadu (TAAT) di Blitar. Berbekal pelatihan tersebut, pada bulan April 1999 berdirilah Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT), dengan 8 orang siswa dan Taman Kanak Kanak Islam Terpadu ( TKIT), dengan 7 orang siswa.
Seiring dengan dihasilkan lulusan Taman Kanak Kanak Islam Terpadu pada tahun pelajaran 2000-2001, maka pada tahun pelajaran 2001-2002 berdirilah Sekolah dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insani dengan jumlah siswa pertama sebanyak 8 orang, dimana 7 siswa berasal dari lulusan angkatan pertama Taman Kanak Kanak Islam Terpadu Bina Insani dan 1 siswa dari TK luar.
Seiring dengan kebutuhan pengembangan dan memenuhi permintaan masyarakat akan Lembaga Pendidikan Modern berkarakter Islam maka mulai tahun pelajaran 2009/2010 LPIT Bina Insani membuka Cabang di dua tempat sekaligus. Yaitu PAUD & TKIT Bina Insani Kec. Pesantren dan Kec. Mojoroto Kota Kediri.
VISI
Bersama membangun Generasi Rabbani yang Cerdas, Kreatif dan Mandiri
MISI
¯ Menjadi Lembaga Da’wah berbasis pendidikan.
¯ Menjadi Sekolah Islam berwawasan global.
¯ Membentuk siswa untuk beraqidah bersih dan berakhlaqul karimah.
¯ Membimbingh siswa untuk kreatif & mandiri
¯ Membimbing Siswa untuk berprestasi akademik tinggi
FAITH
Adalah metode pembelajaran khas LPIT Bina Insani yang meliputi :
Full day school
LPIT Bina Insani menggunakan kurikulum umum yang diperkaya dengan kurikulum dan pendekatan Islam serta pemberian stimulasi LIFE SKILL sehingga memerlukan waktu yang lebih lama di bandingkan lembaga pendidikan pada umumnya sehingga konsep Full day school lebih sesuai untuk diterapkan.
Always with Qur’an
Al Qur’an adalah pedoman pertama dan utama ummat Islam sudah selayaknya dijadikan rujukan dan pedoman dasar untuk merealisasikan tujuan LPIT Bina Insani. Untuk itu Al Qur’an menjadi dasar interaksi sosial dan pembelajaran keilmuan.
Integrated Curiculum
Pendekatan penyelenggaraan pendidikan Islam Terpadu dari LPIT Bina Insani memadukan pendidikan umum dan pendidikan Islam menjadi satu jalinan kurikulum sehingga dengan pendekatan ini semua pembelajaran ataupun kegiatan di sekolah berkarakter Islam.
Parents Too
Integrasi atau keterpaduan di LPIT Bina Insani tidak hanya dalam hal kurikulumnya saja tetapi juga adanya keterpaduan antara fihak sekolah dengan wali murid sehingga tercipta sinergi dan kesesuaian prinsip pendidikan di sekolah dan di rumah.
Happy and fun
Prinsip pembelajaran di LPIT Bina Insani dibuat dan dirancang semenarik mungkin dengan mengacu kepada kaidah-kaidah pendidikan modern seperti Quantum Teaching, Quantum Learning, Kecerdasan Berganda, BCCT (Beyond Center and Circle Time), dll yang lebih menekankan pada Student Active Learning.